Jucelino Nobrega Da Luz - Nostradamus modern ?

Ini adalah kisah seorang guru sekolah berumur 49 tahun dari Brazil yang membangkitkan kembali minat terhadap Nostradamus. Konon katanya ia telah memprediksikan peristiwa bencana dengan akurat selama 15 tahun terakhir. Tulisan ini tidak dibuat untuk menonjolkan ramalannya, namun untuk meneliti klaim sebagian orang bahwa ia adalah Nostradamus modern.


Saya tidak pernah mendengarkan ramalan. Namun ketika diminta untuk menulis mengenai Jucelino, saya memutuskan untuk melihat kisahnya dari dua sudut pandang, sudut open minded dan sudut skeptis.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk diperdebatkan dan disangkutpautkan dengan ideologi karena saya menulisnya dengan cara berpikir yang wajar-wajar saja.

Latar Belakang
Lahir tahun 1960 di Brasil. Ia memiliki seorang istri dan dua anak. Menurutnya ia telah memperoleh kemampuan mendapatkan firasat mengenai masa depan sejak usia 9 tahun. pada usia 19 tahun ia berjumpa dengan peramal terkenal Brasil bernama Franciscoshabiz dan setelah itu kemampuan meramalnya bertambah. Konon sejak itu ia telah meramal 80.000 kasus.

Beberapa ramalan di masa lalu
Ini adalah beberapa ramalan yang konon berhasil diprediksinya dengan akurat :

Pada tanggal 4 maret 1997, ia mengirimkan surat ke putri Diana mengenai rencana pembunuhannya. Dan peristiwa pembunuhannya dapat terjadi sebelum tahun 2000. Kita tahu bersama bahwa putri Diana memang terbunuh pada kecelakaan mobil di Paris tahun 1997.

Tahun 1989, ia mengirim surat ke kedutaan besar Inggris dan presiden Amerika bahwa WTC akan diserang dua kali. Pertama pada tahun 1993. Dan kedua tanggal 11 September 2001. Setelah dua serangan ini, perang di Irak dan Afghanistan akan meletus. Kita juga tahu bahwa peristiwa ini sungguh terjadi.

Ia juga konon memprediksi tempat persembunyian Saddam Husein yang menyebabkan Saddam ditangkap oleh pasukan Amerika.

Yang lebih mengejutkan, ia disebut pernah mengirim surat kepada presiden Suharto pada tahun 1998 mengenai tsunami Aceh yang akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 dan mendapat surat balasan dari kantor kepresidenan.

Untuk mendukung keabsahan ramalannya, Jucelino menunjukkan beberapa dokumen yang telah disahkan oleh notaris yang menunjukkan bahwa ia memang telah meramalkan peristiwa itu sebelumnya. Namun anehnya, ia selalu mengumumkannya setelah peristiwa terjadi dengan menunjukkan surat tersebut.

Dengan melakukan ini, bagi saya ia lebih terlihat seperti Dedy Corbuzier dibanding Nostradamus !

Dapatkah dipercaya ?
Masalahnya satu, dari semua prediksi diatas, klaim bahwa ia sudah meramalkannya sebelumnya hanya datang dari pihak Jucelino dan ia selalu mengumumkannya setelah peristiwa tersebut tejadi. Seperti kita ketahui, apabila sebuah peristiwa besar terjadi, maka para peramal berebut untuk berbicara di TV bahwa mereka sudah meramalkan hal itu sebelumnya.

Setelah ia mengklaim ramalan-ramalan diatas, ia melanjutkan dengan ramalan-ramalan barunya. Ramalan dibawah ini adalah ramalan yang paling banyak dikutip di Blog dan Web:

Tahun 2008

1. Obat penangkal Aids ditemukan

2. 18 Juli akan terjadi gempa besar di philipina dan menewaskan ribuan orang.

3. Empire State Building, New York pada September akan mengalami peristiwa teror.

4. 13 September akan terjadi gempa 9,1 skala Richter di Cina dengan Tsunami setinggi 30 meter, 1 juta orang akan tewas.

Kita anggap saja beberapa ramalan diatas adalah ramalan yang memang benar diucapkan oleh Jucelino walaupun saya menemukan adanya web yang menyangkal hal itu.

Namun, ramalan manapun yang kita pegang, ternyata tidak terbukti semua. Tahun 2008, ia menimbulkan kepanikan di Jepang karena meramalkan adanya gempa besar. Ketika ramalannya meleset, ia diundang untuk wawancara oleh sebuah stasiun TV :

Ia mengatakan bahwa ia bahagia mimpinya mengenai gempa Jepang tidak terjadi dan ia beranggapan bahwa merupakan hal yang baik jika orang Jepang mendengarkan prediksinya dan menjadi lebih siap dalam menghadapi gempa.

Menurut saya ini kasus klasik peramal yang selalu punya "alasan" untuk gagalnya ramalannya. Alasan lain yang sering dikemukakan para peramal yang meleset adalah : "Namanya juga ramalan, bisa salah bisa benar."

Anda juga sering mendengarnya kan ? Kalimat ini juga bisa ditemukan di websitenya. Ini screenshot websitenya yang saya terjemahkan dengan google translate dari bahasa portugis ke bahasa Inggris.


Inilah bunyi kalimat yang saya lingkari merah :

IT IS A PREDICTION AND CAN AND/ OR NOT HAPPEN....LET US WAIT FOR SOME HUMAN ACTIONS TO CHANGE THE DOOMSDAY,AND DO NOT HAPPEN!!! IT IS A

PREDICTION AND CAN AND / OR NOT HAPPEN .... LET U.S. WAIT FOR SOME HUMAN ACTIONS TO CHANGE THE DOOMSDAY, AND DO NOT HAPPEN!

Menurut saya, ia telah menyiapkan jalan belakangnya dengan baik !

Dokumen-dokumen
Namun, saya sudah mengatakan diatas bahwa saya akan melihatnya dari sudut open minded. Jadi saya tetap memikirkan kemungkinan bahwa ia bukan seorang penipu. Jucelino konon pernah mengirim surat kepada Mustang radio di Indonesia bahwa pesawat militer akan jatuh di Jawa pada tanggal 20 Mei 2009. Ramalan ini terbukti benar.

Tapi sekali lagi, apabila klaim itu datang dari Jucelino, maka kebenarannya akan terus diragukan. inilah kopi surat Jucelino yang diklaimnya pernah diserahkan kepada Mustang Radio :

Entah surat ini benar atau tidak, saya tidak tahu. Mungkin Mustang Radio suatu hari bisa mengkonfirmasinya.

Kemudian ketika saya mencari dokumen mengenai surat kepada presiden Indonesia, saya menemukan bahwa Jucelino pernah memamerkan dokumen yang diklaimnya sebagai surat ucapan terima kasih dari pemerintah Indonesia atas ramalannya mengenai Tsunami Aceh di sebuah acara televisi Jepang.


Tapi aneh, karena di beberapa website yang saya cek, berita yang dimuat mengenai surat ini adalah :

The thanks letter from Meigawadi said “ about the 2004 earthquake and tsunami, to prevent the disaster, we must do a lot of things, but in another hand, we can do nothing”. The thanks letter from Indonesia Embassy said “…..we will send this letter to our government, if you have any update information, please let us know”.

Meigawadi ???

Apakah megawati ? Megawati tidak lagi menjadi presiden pada saat Tsunami Aceh terjadi. Jadi maksudnya apa ?? salah kutip ???

Lagipula saya merasa heran jika pemerintah bersusah payah untuk membalas surat dari seorang peramal.

Saya juga membaca di beberapa web bahwa sebuah stasiun TV di Brazil pernah membongkar kedok Jucelino yang ternyata memalsukan dokumen. Ia membuat sebuah dokumen prediksi, lalu di tempat kejadian dan tanggal dikosongkan, ketika suatu peristiwa terjadi, barulah ia mengisinya dan mengumumkannya setelah itu dengan memamerkan surat tersebut.
Namun, saya tidak bisa menemukan konfirmasi mengenai desas-desus ini.

Tapi ada satu hal yang menarik perhatian saya. Yaitu surat yang diklaimnya berupa ucapan terima kasih dari presiden Indonesia dan ditunjukkannya di TV Jepang.


Lihat logo garuda di atas surat. Saya membandingkannya dengan logo garuda yang ada di surat kepresidenan lainnya. Menurut saya agak mencurigakan. Lihat panjang pita di bawah kaki garuda. Lihat lebar sayap garuda. Agak tidak match sepertinya.

Apakah dokumen yang dipamerkannya palsu. Saya tidak tahu.

Jadi siapakah Jucelino ?
Mereka yang telah curiga dengan Jucelino kembali diperkuat ketika Reuters memuat berita bahwa Jucelino menuntut hadiah 25 juta dolar dari Amerika karena ia berhasil memprediksi lokasi persembunyian Saddam Husein yang menyebabkan Saddam dapat ditangkap oleh Amerika. Namun Pengadilan Brazil menolak Kasusnya. namun paling tidak dari kepopulerannya, Jucelino telah menjadi kaya raya dari hasil menulis buku dan undangan untuk berbicara.

Memang agak sukar menentukan identitas Jucelino yang sebenarnya. Segala informasi mengenai Jucelino sangat simpang siur. Tapi ini kesimpulan yang saya ambil :

Saya tidak mengatakan bahwa ia adalah seorang penipu, soalnya saya memang tidak bisa menemukan bukti kuat bahwa ia penipu. Namun saya juga tidak mengatakan bahwa ia adalah Nostradamus modern.

Jika ia adalah seorang peramal, maka saya beranggapan ia adalah peramal yang sering meleset.

Saran saya, lupakan Jucelino, lanjutkan hidupmu. Hidup tidak akan menarik jika kita mengetahui masa depan kita dengan spesifik.